INPUT OUTPUT
(Laporan Praktikum Pemrograman Berbasis Objek)
Oleh
Randi Setiawan
1317041034
LABORATORIUM
PEMODELAN FISIKA
JURUSAN FISIKA
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
LAMPUNG
INPUT OUTPUT
Oleh
Randi Setiawan
ABSTRAK
Telah dilakukan percobaan Pemrograman Berbasis
Objek (PBO) untuk memberikan fungsi input dan menampilkan output. Pada
percobaan ini Agar kita dapat menginput data dari keyboard kita maka kita
memerlukan fungsi header terlebih
dahulu yaitu import java.util.Scanner.
Setelah menuliskan ini maka kita dapat membuat suatu nama inputan untuk memasukkan sebuat
input kedalam hasil running. Maka
kita harus mendeklarasikannya terlebih dahulu. Sedangkan untuk menampilakn
sebuah input atau sebuah variable maka bisa menggunakan
menggunakan fungsi System.out.print(“…….”) atau System.out.println(“…….”).
Untuk memberikan
perintah menutup fungsi scanner digunakan scan.close();
Selain itu pada percobaan ini digunakan konversi karakter dengan menggunakan d,
%f, % c, %s, %h, dan %n.
DAFTAR
ISI
Halaman
LEMBAR
PENGESAHAN............................................................................. i
ABSTRAK........................................................................................................ ii
DAFTAR
ISI..................................................................................................... iii
DAFTAR
GAMBAR....................................................................................... iv
I.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang..................................................................................... 1
B.
Tujuan Percobaan.................................................................................. 2
II.
TINJAUAN
PUSTAKA
A. Pengertian Pemrograman Bebasis Objek (PBO).................................. 3
B. Struktur Data dan Algoritma................................................................ 4
C. Kelebihan dan
Kekurangan Java.......................................................... 5
D. Penjelasan Tentang Class..................................................................... 6
III.
HASIL RUNNING
DAN PEMBAHASA
A. Hasil Running
dan Pembahasan Program Pertama Penggunaan Input Output 8
B. Hasil Running
dan Pembahasan Program Kedua Penggunaan Input Output 9
IV.
KESIMPULAN
LAMPIRAN
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Java adalah
bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon
genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di
Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi
sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang
lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin atas bawah yang minimal.
Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java
(JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan
dependensi implementasi seminimal mungkin.
Karena
fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda,
java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana
pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer
digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat
lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.
Bahasa pemrograman Java terlahir dari The
Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga
musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick
Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan pemrogram lainnya
dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan
proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park.
Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai
pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini
dinamai "*7" (Star Seven). Untuk
lebih mengenal program sederhana java dapat dilakukan pada percobaan ini.
A. Tujuan Percobaan
Adapun tujuan dari percobaan ini adalah sebagai berikut:
1.
Mahasiswa dapat memahami algoritma
dari program input dan output pada Java.
2.
Mahasiswa dapat membuat program input dan output sederhana dengan java.
II. TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian Pemrograman Bebasis Objek (PBO)
Bahasa pemrograman berorientasi objek muncul karena adanya permasalahan
dengan bahasa prosedural. OOP ditemukan karena bahasa prosedural seperti C,
Pascal, dan versi awal BASIC, pada
saat itu tidak memadai untuk program-program yang kompleks dan besar. Seperti
kurangnya korespodensi antara program dan dunia nyata, dan masalah lainnya
adalah internal organisasi program itu sendiri. Bahasa prosedural adalah bahasa
yang mempunyai pemodelan buruk dan real
work. Konseptualisasi sebuah permasalahan dunia nyata menggunakan bahasa
prosedural adalah sulit. Method
menyelesaikan sebuah tugas, sementara data menyimpan informasi, tetapi sebagian
besar objek dunia nyata melakukan ke dua hal ini. Misalnya pendingin ruangan,
untuk melakukan tugas mematikan dan menghidupkan kipas dan peralatan pendingin
lainnya. Tetapi juga melakukan penyimpanan informasi (temperatur saat itu serta
temperatur yang diinginkan).
Jika menulis program kontrol pendingin ruangan di dalam sebuah bahasa
prosedural, akan menngunakan dua method,
ac_on() dan ac_off(), serta dua variabel global, temperatur sekarang (ada pada
sebuah termometer) serta temperatur diharapkan (diset oleh user). Tetapi method dan variabel ini tidak akan
membuat unit program. OOP/PBO merupakan paradigma pemrograman yang popular saat
ini yang telah menggantikan teknik pemrograman berbasis prosedur. Object
Oriented Programing yang berarti pula Pemrograman
Beorientasi Objek sudah ditemukan sekitar tahun 1960 dan dikembangkan
pada permulaan tahun 1970.
Sehingga untuk mengatasi masalah bahas prosedural, dibuat pemrograman berbasis
objek, Pemrograman Berorientasi Objek (Object
Oriented Programming/OOP) semua
data dan fungsi dibungkus dalam class-class
atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses
data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu
terhadap yang lainnya. Masing-masing object
harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan dapat dihubungkan
dengan Object yang lain. Pemrograman
berorientasi objek berbeda dengan pemrograman prosedural yang hanya menggunakan
satu halaman kebawah untuk mengerjakan banyak perintah atau statement ( Siswanto, 2010).
B. Struktur Data dan Algoritma
Pada pemrograman berbasis objek (PBO) digunakan program java, karena
java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Di dalam java terdapat struktur data dan
algoritma. Struktur data adalah pengaturan data di dalam memori komputer. Struktur
data meliputi larik, pohon biner, linked
list, hash table, dan lain-lain.
Algoritma memanipulasi data didalam struktur ini dengan berbagai cara seperti
pencarian item data tertentu serta pengurutan data. Salah satu struktur dan
algoritma yaitu, method , yang
merupakan subprogram yang menjalankan pekerjaan tertentu. Adanya method memudahkan programmer membuat program lebih manageble (mudah diatur), dengan adanya method pula program -
program yang berskala besar (kompleks) bisa dibagi menjadi sub-sub program.
Pembuatan atau penulisan method dibuat
didalam Class, dan class di kemas dalam suatu paket. Method bisa dibuat lebih dari satu dalam
satu class. Didalam pemrograman Java
harus ada satu method yang tidak
boleh ditiadakan yaitu method Main().
Pendeklarasian atau penulisan method dan aturan penamaan method sama dengan penamaan variabel. Disarankan karakter pertama
menggunakan huruf kecil. Sintaks umumnya: modifier tipe_return_value
nama_method( parameter){ deklarasi variabel dan pernyataan } (Sjukani, 2011).
IV. HASIL
RUNNING DAN PEMBAHASAN
A. Listing
dan Pembahasan Running
Berdasarkan percobaan yang telah
dilakukan dan dengan listing yang ada pada buku panduan maka didapatkan hasil
sebagai berikut:
Gambar 1. Listing dan hasil running pada baca data
1.
Gambar 2. Listing dan hasil running pada bacadata 2.
B. Pembahasan
Seperti halnya dengan
percobaan sebelumnya hal yang pertama dilakukan adalah membuat java projek dan
clas kemudian pada jendela editor kami
membuat sebuah program input dan output untuk mencari keliling persegi panjang.
Untuk membuat program ini, terlebih dahulu member import scanner yaitu import
java.util.scanner mendeklarasikan variabel berserta tipe data yang akan
digunakan, pada percobaan ini variabel yang kita gunakan yaitu
“panjang”,”lebar”dan “keliling” dengan tipe data double. Setelah semua variabel diperkenalkan kemudian berlanjut ke
tahap penginputan nilai panjang, untuk penginputan ini sendiri sintaks yang
digunakan dalam bahasa Java ini yaitu Scanner scan1 = new
Scanner(System.in);, selanjutnya memberikan judul program dengan
menggunakan sintaks untuk menghasilkan keluaran yaitu sintaks System.out.println
("Teks"); dan memberikan nama untuk inputan panjang dan lebar dengan
diikuti dibawahnya sintaks untuk memasukkan data yaitu sintaks scan. Setelah semua sintaks inputan
selesai dituliskan, selanjutnya yaitu membuat persamaan proses untuk mencari
keliling persegi panjang yaitu keliling=2*(panjang+lebar) dan diikuti dengan
sintaks untuk menghasilkan berupa keterangan keliling dan keluaran nilai
keliling berdasarkan inputan yang telah kita masukkan. Sebelum kita melakukan
eksekusi pada program yang telah dibuat kita terlebih dahulu menutup fungsi
penginputan dengan menggunakan sintaks scan1.close(); sintaks tersebut
berfungsi untuk mengakhir suatu proses penginputan pada bahasa pemrograman Java.
Pada percobaan ini, nilai inputan panjang yang dimasukkan yaitu 1 dan nilai
nilai lebar yang dimasukkan 2 sehingga menghasilkan nilai keliling sebesar 6,0.
Untuk membuat program ini, langkah-langkah
yang digunakan masih sama dengan percobaan yang sebelumnya yaitu pertama kali
kita membat class dan memberi nama class, setelah itu mendeklarasikan
variabel-variabel yang akan kita gunakan. Untuk memasukkan inputan angka, kita
menggunakan variabel bernama “NIP” dengan tipe integer dan untuk inputan huruf, kita menggunakan variabel
bernama”Nama” dengan tipe String.
Kedua inputan tersebut dipisahkan dengan sintaks scan1 dan scan2 yang artinya
scan atau penginputan data pada percobaan ini dibedakan antara inputan 1 dan 2.
Setelah semua lisiting inputan
dituliskan dan tidak ada error yang terjadi langkah berikutnya yaitu menuliskan
sintaks untuk mengeluarkan keluaran pada Console berupada inputan NIP dan nama
seseorang akan akan dimasukkan ke program dengan menggunakan sintaks System.out.println
("Teks + variabel");. Setelah semua perintah output sudah dituliskan
barulah proses penginputan ditutup dengan menggunakan sintaks scan1.close();
dan scan2.close();. Setelah semua lisitingg dituliskan barulah klas yang kita
buat kita jalankan. Berdasarkan hasil running yang diperoleh pada gambar, ketika
kita menginputkan angka pada NIP dan huruf atau karakter pada variabel nama
maka akan menghasilkan keluaran berupa angka dan huruf yang sama seperti yang
kita inputkan.
IV. KESIMPULAN
Berdasarkan percobaan yang telah
dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.
Untuk penginputan data pada bahasa Java
digunakan sintaks scan1=new Scanner(System.in);
2.
Tipe data yang digunakan pada percobaan
pertama yaitu hanya menggunakan tipe data double
dan semua variabel dideklarasikan pada
satu baris listing saja.
3.
Pada percobaan kedua, metode penginputan
data menggunakan dua buah sintaks scan1 dan scan2 sedangkan pada percobaan
pertama hanya menggunakan satu buah sintaks scan yaitu scan1.
4.
Untuk percobaan yang pertama, keluaran
yang dihasilkan berupa nilai keliling saja tanpa menulis ulang inputan yang
dimasukkan sedangkan untuk percobaan kedua, keluaran yang dihasilkan berupa NIP
dan nama serta menulis ulang inputan yang dimasukkan.
5.
Pada percobaan ini sintaks
scan1.close(); dan scan2.close(); berfungsi untuk menutup proses penginputan
dan sintaks ini tidak wajib untuk dituliskan.
DAFTAR
PUSTAKA
Satyaputra, Alfa. 2009. Java for Beginner with Eclipse 4.2 Juno. Yogyakarta :
Graha Ilmu.
Siswanto
2011. Algoritma dan Struktur Data Non
Linear dengan Java. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sjukani,
Moh. 2011. Algoritma dan Struktur Data 1 dengan
C, C++, dan Java. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Supardi,
Yuniar. 2010. Menjadi Programmer Java,
Basic Programming. Jakarta : Gramedia.
0 komentar:
Posting Komentar