INPUT OUTPUT
(Laporan Praktikum Pemrograman Berbasis Objek)







Oleh
Randi Setiawan
1317041034






LABORATORIUM PEMODELAN FISIKA
JURUSAN FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS LAMPUNG
2015



INPUT OUTPUT



Oleh
Randi Setiawan


ABSTRAK

Telah dilakukan percobaan Pemrograman Berbasis Objek (PBO) untuk memberikan fungsi input dan menampilkan output. Pada percobaan ini Agar kita dapat menginput data dari keyboard kita maka kita memerlukan fungsi header terlebih dahulu yaitu import java.util.Scanner. Setelah menuliskan ini maka kita dapat membuat suatu nama inputan untuk memasukkan sebuat input kedalam hasil running. Maka kita harus mendeklarasikannya terlebih dahulu. Sedangkan untuk menampilakn sebuah input atau sebuah variable maka  bisa menggunakan menggunakan fungsi System.out.print(“…….”) atau System.out.println(“…….”).
Untuk memberikan perintah menutup fungsi scanner digunakan scan.close(); Selain itu pada percobaan ini digunakan konversi karakter dengan menggunakan d, %f, % c, %s, %h, dan %n.




DAFTAR ISI

Halaman
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................      i
ABSTRAK........................................................................................................     ii
DAFTAR ISI.....................................................................................................    iii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................    iv
I.              PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.....................................................................................     1
B. Tujuan Percobaan..................................................................................     2
II.           TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian Pemrograman Bebasis Objek (PBO)..................................     3
B. Struktur Data dan Algoritma................................................................     4
C. Kelebihan dan Kekurangan Java..........................................................     5
D. Penjelasan Tentang Class.....................................................................     6

III.        HASIL RUNNING DAN PEMBAHASA
A.    Hasil Running dan Pembahasan Program Pertama Penggunaan Input Output            8
B.     Hasil Running dan Pembahasan Program Kedua Penggunaan Input Output              9

IV.        KESIMPULAN

LAMPIRAN


                                         I.  PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin atas bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin.

Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web. Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.


Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven). Untuk lebih mengenal program sederhana java dapat dilakukan pada percobaan ini.

A.  Tujuan Percobaan
Adapun tujuan dari percobaan ini adalah sebagai berikut:
1.      Mahasiswa dapat memahami algoritma dari program input dan output pada Java.
2.      Mahasiswa dapat membuat program input dan output sederhana dengan java.
                                                                                                                                              II.  TINJAUAN PUSTAKA

A.  Pengertian Pemrograman Bebasis Objek (PBO)

Bahasa pemrograman berorientasi objek muncul karena adanya permasalahan dengan bahasa prosedural. OOP ditemukan karena bahasa prosedural seperti C, Pascal, dan versi awal BASIC, pada saat itu tidak memadai untuk program-program yang kompleks dan besar. Seperti kurangnya korespodensi antara program dan dunia nyata, dan masalah lainnya adalah internal organisasi program itu sendiri. Bahasa prosedural adalah bahasa yang mempunyai pemodelan buruk dan real work. Konseptualisasi sebuah permasalahan dunia nyata menggunakan bahasa prosedural adalah sulit. Method menyelesaikan sebuah tugas, sementara data menyimpan informasi, tetapi sebagian besar objek dunia nyata melakukan ke dua hal ini. Misalnya pendingin ruangan, untuk melakukan tugas mematikan dan menghidupkan kipas dan peralatan pendingin lainnya. Tetapi juga melakukan penyimpanan informasi (temperatur saat itu serta temperatur yang diinginkan).

Jika menulis program kontrol pendingin ruangan di dalam sebuah bahasa prosedural, akan menngunakan dua method, ac_on() dan ac_off(), serta dua variabel global, temperatur sekarang (ada pada sebuah termometer) serta temperatur diharapkan (diset oleh user). Tetapi method dan variabel ini tidak akan membuat unit program. OOP/PBO merupakan paradigma pemrograman yang popular saat ini yang telah menggantikan teknik pemrograman berbasis prosedur. Object Oriented Programing yang berarti pula Pemrograman

Beorientasi Objek sudah ditemukan sekitar tahun 1960 dan dikembangkan pada permulaan tahun 1970.

Sehingga untuk mengatasi masalah bahas prosedural, dibuat pemrograman berbasis objek, Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP) semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya. Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan dapat dihubungkan dengan Object yang lain. Pemrograman berorientasi objek berbeda dengan pemrograman prosedural yang hanya menggunakan satu halaman kebawah untuk mengerjakan banyak perintah atau statement ( Siswanto, 2010).

B.  Struktur Data dan Algoritma

Pada pemrograman berbasis objek (PBO) digunakan program java, karena java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek.  Di dalam java terdapat struktur data dan algoritma. Struktur data adalah pengaturan data di dalam memori komputer. Struktur data meliputi larik, pohon biner, linked list, hash table, dan lain-lain. Algoritma memanipulasi data didalam struktur ini dengan berbagai cara seperti pencarian item data tertentu serta pengurutan data. Salah satu struktur dan algoritma yaitu, method , yang merupakan subprogram yang menjalankan pekerjaan tertentu. Adanya method memudahkan programmer membuat program lebih manageble (mudah diatur), dengan adanya method pula program - program yang berskala besar (kompleks) bisa dibagi menjadi sub-sub program. Pembuatan atau penulisan method dibuat didalam Class, dan class di kemas dalam suatu paket. Method bisa dibuat lebih dari satu dalam satu class. Didalam pemrograman Java harus ada satu method yang tidak boleh ditiadakan yaitu method Main(). Pendeklarasian atau penulisan method  dan aturan penamaan method sama dengan penamaan variabel. Disarankan karakter pertama menggunakan huruf kecil. Sintaks umumnya: modifier tipe_return_value nama_method( parameter){ deklarasi variabel dan pernyataan } (Sjukani, 2011).


                                                                                                         IV.     HASIL RUNNING  DAN PEMBAHASAN


A.  Listing dan Pembahasan Running
Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan dan dengan listing yang ada pada buku panduan maka didapatkan hasil sebagai berikut:

Gambar 1. Listing dan hasil running pada baca data 1.
Gambar 2. Listing dan hasil running pada bacadata 2.

B.  Pembahasan
Seperti halnya dengan percobaan sebelumnya hal yang pertama dilakukan adalah membuat java projek dan clas kemudian pada jendela editor kami membuat sebuah program input dan output untuk mencari keliling persegi panjang. Untuk membuat program ini, terlebih dahulu member import scanner yaitu import java.util.scanner mendeklarasikan variabel berserta tipe data yang akan digunakan, pada percobaan ini variabel yang kita gunakan yaitu “panjang”,”lebar”dan “keliling” dengan tipe data double. Setelah semua variabel diperkenalkan kemudian berlanjut ke tahap penginputan nilai panjang, untuk penginputan ini sendiri sintaks yang digunakan dalam bahasa Java ini yaitu Scanner scan1 = new Scanner(System.in);, selanjutnya memberikan judul program dengan menggunakan sintaks untuk menghasilkan keluaran yaitu sintaks System.out.println ("Teks"); dan memberikan nama untuk inputan panjang dan lebar dengan diikuti dibawahnya sintaks untuk memasukkan data yaitu sintaks scan. Setelah semua sintaks inputan selesai dituliskan, selanjutnya yaitu membuat persamaan proses untuk mencari keliling persegi panjang yaitu keliling=2*(panjang+lebar) dan diikuti dengan sintaks untuk menghasilkan berupa keterangan keliling dan keluaran nilai keliling berdasarkan inputan yang telah kita masukkan. Sebelum kita melakukan eksekusi pada program yang telah dibuat kita terlebih dahulu menutup fungsi penginputan dengan menggunakan sintaks scan1.close(); sintaks tersebut berfungsi untuk mengakhir suatu proses penginputan pada bahasa pemrograman Java. Pada percobaan ini, nilai inputan panjang yang dimasukkan yaitu 1 dan nilai nilai lebar yang dimasukkan 2 sehingga menghasilkan nilai keliling sebesar 6,0.

Untuk membuat program ini, langkah-langkah yang digunakan masih sama dengan percobaan yang sebelumnya yaitu pertama kali kita membat class dan memberi nama class, setelah itu mendeklarasikan variabel-variabel yang akan kita gunakan. Untuk memasukkan inputan angka, kita menggunakan variabel bernama “NIP” dengan tipe integer dan untuk inputan huruf, kita menggunakan variabel bernama”Nama” dengan tipe String. Kedua inputan tersebut dipisahkan dengan sintaks scan1 dan scan2 yang artinya scan atau penginputan data pada percobaan ini dibedakan antara inputan 1 dan 2. Setelah semua lisiting inputan dituliskan dan tidak ada error yang terjadi langkah berikutnya yaitu menuliskan sintaks untuk mengeluarkan keluaran pada Console berupada inputan NIP dan nama seseorang akan akan dimasukkan ke program dengan menggunakan sintaks System.out.println ("Teks + variabel");. Setelah semua perintah output sudah dituliskan barulah proses penginputan ditutup dengan menggunakan sintaks scan1.close(); dan scan2.close();. Setelah semua lisitingg dituliskan barulah klas yang kita buat kita jalankan. Berdasarkan hasil running yang diperoleh pada gambar, ketika kita menginputkan angka pada NIP dan huruf atau karakter pada variabel nama maka akan menghasilkan keluaran berupa angka dan huruf yang sama seperti yang kita inputkan.


IV. KESIMPULAN


Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.        Untuk penginputan data pada bahasa Java digunakan sintaks scan1=new Scanner(System.in);
2.        Tipe data yang digunakan pada percobaan pertama yaitu hanya menggunakan tipe data double  dan semua variabel dideklarasikan pada satu baris listing saja.
3.        Pada percobaan kedua, metode penginputan data menggunakan dua buah sintaks scan1 dan scan2 sedangkan pada percobaan pertama hanya menggunakan satu buah sintaks scan yaitu scan1.
4.        Untuk percobaan yang pertama, keluaran yang dihasilkan berupa nilai keliling saja tanpa menulis ulang inputan yang dimasukkan sedangkan untuk percobaan kedua, keluaran yang dihasilkan berupa NIP dan nama serta menulis ulang inputan yang dimasukkan.
5.        Pada percobaan ini sintaks scan1.close(); dan scan2.close(); berfungsi untuk menutup proses penginputan dan sintaks ini tidak wajib untuk dituliskan.



DAFTAR PUSTAKA




Satyaputra, Alfa. 2009. Java for Beginner with Eclipse 4.2 Juno. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Siswanto 2011. Algoritma dan Struktur Data Non Linear dengan Java. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sjukani, Moh. 2011. Algoritma dan Struktur Data 1 dengan C, C++, dan Java. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Supardi, Yuniar. 2010. Menjadi Programmer Java, Basic Programming. Jakarta : Gramedia.
 
 

 




 
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top