PENGENALAN JAVA
(Laporan Praktikum Pemrograman Berbasis Objek)
Oleh
Randi Setiawan
1317041034
LABORATORIUM
PEMODELAN FISIKA
JURUSAN FISIKA
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
LAMPUNG
2015
PENGENALAN
JAVA
Oleh
Randi Setiawan
ABSTRAK
Telah
dilakukan percobaan Pemrograman Berbasis Objek (PBO), yaitu dengan pengenalan
java. Pada percobaan ini bertujuan untuk memahami memahami algoritma dan struktur pada
java, membuat java project dan new class dan membuat program sederhana dengan
java. Pada percobaan pertama menggunakan suatu fungsi untuk menampilkan kalimat
atau kata pada monitor dengan fungsi System.out.println(“Teks“);
dan
fungsi System.out.println(“Teks+variabel“);. Selanjutnya menngunakan tipe data yang terdapat pada
java. Program java memiliki 2 tipe data yaitu tipe data dasar dan tipe data
bentukan. Tipe data dasar yaitu merupakan sebuah tipe data standar yang tidak
diturunkan dari objek manapun contohnya byte, short, int, long, float,
double, boolean, dan char. , sedangkan tipe bentukan merupakan tipe data yang dibentuk dari beberapa tipe data dasar contohnya String array.
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
1.
Listing program
pengenalan java......................................................
8
2.
Hasil running program pengenalan Java.......................................... 8
3.
Listing program
penggunaan tipe data Short.................................... 8
4.
Hasil running program tipe data Short............................................. 8
5.
Listing program
penggunaan tipe data Boolean............................... 9
6.
Hasil running tipe data Boolean dengan nilai variabel true............. 9
7.
Hasil running tipe data Boolean dengan nilai variabel false............ 9
DAFTAR
ISI
Halaman
LEMBAR
PENGESAHAN............................................................................. i
ABSTRAK........................................................................................................ ii
DAFTAR
ISI..................................................................................................... iii
DAFTAR
GAMBAR....................................................................................... iv
I.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang..................................................................................... 1
B.
Tujuan Percobaan.................................................................................. 2
II.
TINJAUAN
PUSTAKA
A. Pengertian Pemrograman Bebasis Objek (PBO).................................. 3
B. Struktur Data dan Algoritma................................................................ 4
C. Kelebihan dan
Kekurangan Java.......................................................... 5
D. Tipe-tipe Data Pada Java...................................................................... 6
III.
HASIL RUNNING
DAN PEMBAHASA
A. Hasil Running
dan Pembahasan Pengenalan Java................................ 8
B. Hasil Running
dan pembahasan Tipe Data Short................................. 9
C. Hasil
Running dan Pembahasan Tipe Data Boolean............................ 10
IV.
KESIMPULAN
LAMPIRAN
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Java adalah
bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon
genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di
Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi
sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang
lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin atas bawah yang minimal.
Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java
(JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan
dependensi implementasi seminimal mungkin.
Karena
fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda,
java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana
pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer
digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat
lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.
Bahasa pemrograman Java terlahir dari The
Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga
musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick
Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan pemrogram lainnya
dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan
proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park.
Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai
pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini
dinamai "*7" (Star Seven). Untuk
lebih mengenal program sederhana java dapat dilakukan pada percobaan ini.
B. Tujuan Percobaan
Adapun tujuan dari percobaan ini adalah sebagai berikut:
1.
Mahasiswa dapat memahami algoritma
dan struktur pada java
2.
Mahasiswa dapat membuat java project dan new class.
3.
Mahasiswa dapat membuat program
sederhana dengan java.
II. TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian Pemrograman Bebasis Objek (PBO)
Bahasa pemrograman berorientasi objek muncul karena adanya permasalahan
dengan bahasa prosedural. OOP ditemukan karena bahasa prosedural seperti C,
Pascal, dan versi awal BASIC, pada
saat itu tidak memadai untuk program-program yang kompleks dan besar. Seperti
kurangnya korespodensi antara program dan dunia nyata, dan masalah lainnya
adalah internal organisasi program itu sendiri. Bahasa prosedural adalah bahasa
yang mempunyai pemodelan buruk dan real
work. Konseptualisasi sebuah permasalahan dunia nyata menggunakan bahasa
prosedural adalah sulit. Method
menyelesaikan sebuah tugas, sementara data menyimpan informasi, tetapi sebagian
besar objek dunia nyata melakukan ke dua hal ini. Misalnya pendingin ruangan,
untuk melakukan tugas mematikan dan menghidupkan kipas dan peralatan pendingin
lainnya. Tetapi juga melakukan penyimpanan informasi (temperatur saat itu serta
temperatur yang diinginkan).
Jika menulis program kontrol pendingin ruangan di dalam sebuah bahasa
prosedural, akan menngunakan dua method,
ac_on() dan ac_off(), serta dua variabel global, temperatur sekarang (ada pada
sebuah termometer) serta temperatur diharapkan (diset oleh user). Tetapi method dan variabel ini tidak akan
membuat unit program. OOP/PBO merupakan paradigma pemrograman yang popular saat
ini yang telah menggantikan teknik pemrograman berbasis prosedur. Object
Oriented Programing yang berarti pula Pemrograman Beorientasi Objek sudah
ditemukan sekitar tahun 1960 dan dikembangkan pada permulaan tahun 1970.
Sehingga untuk mengatasi masalah bahas prosedural,
dibuat pemrograman berbasis objek, Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP) semua data dan fungsi dibungkus
dalam class-class atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses
data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu
terhadap yang lainnya. Masing-masing object
harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan dapat dihubungkan
dengan Object yang lain. Pemrograman
berorientasi objek berbeda dengan pemrograman prosedural yang hanya menggunakan
satu halaman kebawah untuk mengerjakan banyak perintah atau statement ( Siswanto, 2010).
B. Struktur Data dan Algoritma
Pada pemrograman berbasis objek (PBO) digunakan program java, karena
java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Di dalam java terdapat struktur data dan
algoritma. Struktur data adalah pengaturan data di dalam memori komputer. Struktur
data meliputi larik, pohon biner, linked
list, hash table, dan lain-lain.
Algoritma memanipulasi data didalam struktur ini dengan berbagai cara seperti
pencarian item data tertentu serta pengurutan data. Salah satu struktur dan
algoritma yaitu, method , yang
merupakan subprogram yang menjalankan pekerjaan tertentu. Adanya method memudahkan programmer membuat program lebih manageble (mudah diatur), dengan adanya method pula program -
program yang berskala besar (kompleks) bisa dibagi menjadi sub-sub program.
Pembuatan atau penulisan method dibuat
didalam Class, dan class di kemas dalam suatu paket. Method bisa dibuat lebih dari satu dalam
satu class. Didalam pemrograman Java
harus ada satu method yang tidak
boleh ditiadakan yaitu method Main().
Pendeklarasian atau penulisan method dan aturan penamaan method sama dengan penamaan variabel. Disarankan karakter pertama
menggunakan huruf kecil. Sintaks umumnya: modifier tipe_return_value
nama_method( parameter){ deklarasi variabel dan pernyataan } (Sjukani, 2011).
IV. HASIL
RUNNING DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil
Running dan Pembahasan Pengenalan Java
·
Listing
Program
Listing program pada
percobaan ini adalah sebagai berikut:
Gambar 1.
Listing program pengenalan Java
·
Hasil
Running
Hasil running pada percobaan ini adalah
sebagai berikut:
Gambar
2. Hasil
running program pengenalan Java
Pada percobaan ini, kami membuat sebuah program sederhana dengan
menggunakan kelas pada bahasa pemrograman Java. Untuk membuat program ini, hal
pertama yang dilakukan yaitu membuat projek baru
dengan
yaitu dengan menjalankan perintah File>New>Java Project, kemudian memberi
nama projek tersebut, dalam percobaan ini, projek yang kami gunakan yaitu
diberi nama “coba1”. Kemudian setelah projek diberi nama klik next dan kemudian
klik finish, setelah itu untuk membuat program keluaran teks sederhana terlebih
dahulu membuat klas pada java projek yang telah dibuat, caranya yaitu dengan
mengklik kanan folder java projek yang telah kita buat tadi keudian pilih
New>Class dan akan muncul panel isian untuk member nama klas, setelah klas
diberi nama kemudian klik finish. Pada panel windows eclipse nanti akan muncul
editor untuk memasukkan sintaks-sitaks maupun kode-kode yang akan kita
tuliskan. Untuk program diatas, digunakan sintaks System.out.println(“Teks”);
yaitu sintaks yang berfungsi untuk menampilkan keluaran berupa tulisan. Pada
percobaan ini, keluaran yang dihasilkan yaitu berupa teks “Selamat Belajar
Java”. Untuk merunning program ini cukup mudah yaitu dengan mengklik simbol run
pada menubar, maka akan dengan otomatis listing program yang kita buat akan
dijalankan. Untuk menyimpan program yang telah dibuat cukup mudah, yaitu ketika
kita mengklik tombol run pada menubar maka akan dengan otomatis program yang
kita buat akan tersimpan.
B.
Hasil
Running dan Pembahasan Penggunaan Tipe Data Short
·
Listing Program
Listing
program pada percobaan ini adalah sebagai berikut:
Gambar
3.
Listing program penggunaan tipe data Short
·
Hasil Running
Hasil
running pada percobaan ini adalah
sebagai berikut:
Gambar
4. Hasil
running tipe data Short
·
Pembahasan
Pada percobaan
ini
kami membuat program untuk menampilkan keluaran berupa huruf dan angka. Untuk
menampilkan huruf cara yang digunakan masih sama dengan percobaan yang
sebelumnya yaitu dengan menggunakan perintah berupa System.out.println(“Teks”); dan untuk menampilkan
keluaran berupa angka terlebih dahulu kita membuat variabel peubah untuk
digunakan sebagai tanda pengenal dari nilai yang akan kita keluarkan,
disertakan juga tipe dari bilangan yang akan kita keluarkan nanti. Pada
percobaan ini, variabel yang digunakan yaitu diberi nama “nilai”dengan tipe
angka Short. Tipe angka ini pada umumnya diaplikasikan pada
komputer-komputer 16-bit, yang saat ini semakin jarang keberadaanya. Setelah
angka yang akan kita keluarkan dideklarasikan kemudian memasukan variabel
tersebut pada sintaks System.out.println(“Teks”);
dengan ditambahkan tanda “+” dan varibael yang kita buat. Setelah program
selesai dan tidak muncul pesan error, kemudian berlanjut ke tahap
pengeksekusian. Untuk menjalankan program ini, cara yang digunakan masih sama
dengan percobaan sebelumnya yaitu dengan mengklik simbol menu run pada menubar
dan dihasilkan keluaran berupa teks dan angka seperti pada hasil running yaitu
berupa berupa tulisan “Isi nilai variabel nilai adalah = 3256” pada tab windows
running.
C.
Hasil
Running dan Pembahasan Penggunaan Tipe Data Boolean
·
Listing Program
Listing
program pada percobaan ini adalah sebagai berikut:
Gambar 5.
Listing program penggunaan tipe data Boolean
·
Hasil Running
Hasil
running pada percobaan ini adalah
sebagai berikut:
Gambar
6. Hasil
running tipe data Boolean dengan nilai variabel true
Gambar
7. Hasil
running tipe data Boolean dengan nilai variabel false
·
Pembahasan
Pada percobaan
ini kami membuat program pemilihan bersyarat dengan menggunakan sintak If dan
Else. Untuk membuat program ini, cara masih sama dengan percobaan sebelumnya,
yaitu dengan menambahkan klas pada projek yang telah dibuat. Setelah kelas
dibuat dan telah diberinama kemudian menuliskan lisiting pada editor klas. Sebelum
kita, membuat program terlebih dahulu mendeklarasikan variabel yang akan kita
gunakan dan tipenya juga. Pada percobaan ini, tipe variabel yang digunakan
yaitu tipe data Boolean. Tipe boolean adalah
tipe data yang digunakan untuk menampung nilai logika, yaitu nilai yang hanya
memiliki dua buah kemungkinan (benar atau salah). Tipe ini ditandai dengan kata
kunci Boolean. Dalam bahasa Java, nilai benar dipresentasikan
dengan kata kunci true dan nilai salah dengan kata kunci false.
Pada percobaan ini, variabel yang digunakan yaitu “pria” dengan nilai true,
pada listing ketika kita memberi nilai true pada variabel maka akan muncul
keluaran pada window running yaitu berupa teks “pria”. Ketika kita memberikan
nilai false pada variabel “pria” maka akan menghasilkan keluaran berupa teks
”perempuan”. Berikut ini jenis-jenis tipe data pada bahasa pemrograman java :
IV. KESIMPULAN
Berdasarkan percobaan yang telah
dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.
Pada percobaan menggunakan sintaks
System.out.println(“Teks”);
menghasilkan keluaran berupa teks pada Console.
2.
Pada percobaan menggunakan sintaks System.out.println(“Teks”+ variabel);
menghasilkan keluaran berupa teks dan angka pada Console.
3.
Untuk membuat program pada java terlebih
dahulu membuat Project dan Class yang dibuat secara berurutan.
4.
Pada percobaan ini, digunakan dua jenis
tipe data yaitu tipe Short dan tipe Boolean.
5.
Terdapat empat jenis tipe data utama
pada java yaitu tipe integer, floating, char dan tipe Boolean.
DAFTAR
PUSTAKA
Satyaputra, Alfa. 2009. Java for Beginner with Eclipse 4.2 Juno. Yogyakarta :
Graha Ilmu.
Siswanto
2011. Algoritma dan Struktur Data Non
Linear dengan Java. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sjukani,
Moh. 2011. Algoritma dan Struktur Data 1 dengan
C, C++, dan Java. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Supardi,
Yuniar. 2010. Menjadi Programmer Java,
Basic Programming. Jakarta : Gramedia.
Merkur Gold Strike Safety Razor - FEBCASINO
BalasHapusMerkur's Gold Strike Safety Razor, Merkur Platinum https://febcasino.com/review/merit-casino/ Edge septcasino Plated Finish, German, 1xbet korean Gold-Plated, Satin Chrome Finish. Merkur septcasino.com has 출장안마 a more aggressive looking,