PENGENALAN JAVA
(Laporan Praktikum Pemrograman Berbasis Objek)







Oleh
Randi Setiawan
1317041034







LABORATORIUM PEMODELAN FISIKA
JURUSAN FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS LAMPUNG
2015

PENGENALAN JAVA

Oleh
Randi Setiawan

ABSTRAK

Telah dilakukan percobaan Pemrograman Berbasis Objek (PBO), yaitu dengan pengenalan java. Pada percobaan ini bertujuan untuk memahami memahami algoritma dan struktur pada java, membuat java project dan new class dan membuat program sederhana dengan java. Pada percobaan pertama menggunakan suatu fungsi untuk menampilkan kalimat atau kata pada monitor dengan fungsi System.out.println(“Teks“); dan fungsi System.out.println(“Teks+variabel“);. Selanjutnya menngunakan tipe data yang terdapat pada java. Program java memiliki 2 tipe data yaitu tipe data dasar dan tipe data bentukan. Tipe data dasar yaitu merupakan sebuah tipe data standar yang tidak diturunkan dari objek manapun contohnya byte, short, int, long, float, double, boolean, dan char. , sedangkan tipe bentukan merupakan tipe data yang dibentuk dari beberapa tipe data dasar contohnya String array.


DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                       Halaman
1.         Listing program pengenalan java......................................................   8
2.         Hasil running program pengenalan Java..........................................    8
3.         Listing program penggunaan tipe data Short....................................    8
4.         Hasil running program tipe data Short.............................................    8
5.         Listing program penggunaan tipe data Boolean...............................    9
6.         Hasil running tipe data Boolean dengan nilai variabel true.............    9
7.         Hasil running tipe data Boolean dengan nilai variabel false............    9


DAFTAR ISI

Halaman
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................      i
ABSTRAK........................................................................................................     ii
DAFTAR ISI.....................................................................................................    iii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................    iv
I.              PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.....................................................................................     1
B. Tujuan Percobaan..................................................................................     2
II.           TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian Pemrograman Bebasis Objek (PBO)..................................     3
B. Struktur Data dan Algoritma................................................................     4
C. Kelebihan dan Kekurangan Java..........................................................     5
D. Tipe-tipe Data Pada Java......................................................................     6

III.        HASIL RUNNING DAN PEMBAHASA
A.    Hasil Running dan Pembahasan Pengenalan Java................................     8
B.     Hasil Running dan pembahasan Tipe Data Short.................................     9
C.     Hasil Running dan Pembahasan Tipe Data Boolean............................   10
IV.        KESIMPULAN

LAMPIRAN


                                                                                                                                                           I.  PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin atas bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin.

Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web. Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.

Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven). Untuk lebih mengenal program sederhana java dapat dilakukan pada percobaan ini.


B.  Tujuan Percobaan
Adapun tujuan dari percobaan ini adalah sebagai berikut:
1.      Mahasiswa dapat memahami algoritma dan struktur pada java
2.      Mahasiswa dapat membuat java project dan new class.
3.      Mahasiswa dapat membuat program sederhana dengan java.
                                                                                                                                              II.  TINJAUAN PUSTAKA

A.  Pengertian Pemrograman Bebasis Objek (PBO)

Bahasa pemrograman berorientasi objek muncul karena adanya permasalahan dengan bahasa prosedural. OOP ditemukan karena bahasa prosedural seperti C, Pascal, dan versi awal BASIC, pada saat itu tidak memadai untuk program-program yang kompleks dan besar. Seperti kurangnya korespodensi antara program dan dunia nyata, dan masalah lainnya adalah internal organisasi program itu sendiri. Bahasa prosedural adalah bahasa yang mempunyai pemodelan buruk dan real work. Konseptualisasi sebuah permasalahan dunia nyata menggunakan bahasa prosedural adalah sulit. Method menyelesaikan sebuah tugas, sementara data menyimpan informasi, tetapi sebagian besar objek dunia nyata melakukan ke dua hal ini. Misalnya pendingin ruangan, untuk melakukan tugas mematikan dan menghidupkan kipas dan peralatan pendingin lainnya. Tetapi juga melakukan penyimpanan informasi (temperatur saat itu serta temperatur yang diinginkan).

Jika menulis program kontrol pendingin ruangan di dalam sebuah bahasa prosedural, akan menngunakan dua method, ac_on() dan ac_off(), serta dua variabel global, temperatur sekarang (ada pada sebuah termometer) serta temperatur diharapkan (diset oleh user). Tetapi method dan variabel ini tidak akan membuat unit program. OOP/PBO merupakan paradigma pemrograman yang popular saat ini yang telah menggantikan teknik pemrograman berbasis prosedur. Object Oriented Programing yang berarti pula Pemrograman Beorientasi Objek sudah ditemukan sekitar tahun 1960 dan dikembangkan pada permulaan tahun 1970.

Sehingga untuk mengatasi masalah bahas prosedural, dibuat pemrograman berbasis objek, Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP) semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya. Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan dapat dihubungkan dengan Object yang lain. Pemrograman berorientasi objek berbeda dengan pemrograman prosedural yang hanya menggunakan satu halaman kebawah untuk mengerjakan banyak perintah atau statement ( Siswanto, 2010).

B.  Struktur Data dan Algoritma

      Pada pemrograman berbasis objek (PBO) digunakan program java, karena java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek.  Di dalam java terdapat struktur data dan algoritma. Struktur data adalah pengaturan data di dalam memori komputer. Struktur data meliputi larik, pohon biner, linked list, hash table, dan lain-lain. Algoritma memanipulasi data didalam struktur ini dengan berbagai cara seperti pencarian item data tertentu serta pengurutan data. Salah satu struktur dan algoritma yaitu, method , yang merupakan subprogram yang menjalankan pekerjaan tertentu. Adanya method memudahkan programmer membuat program lebih manageble (mudah diatur), dengan adanya method pula program - program yang berskala besar (kompleks) bisa dibagi menjadi sub-sub program. Pembuatan atau penulisan method dibuat didalam Class, dan class di kemas dalam suatu paket. Method bisa dibuat lebih dari satu dalam satu class. Didalam pemrograman Java harus ada satu method yang tidak boleh ditiadakan yaitu method Main(). Pendeklarasian atau penulisan method  dan aturan penamaan method sama dengan penamaan variabel. Disarankan karakter pertama menggunakan huruf kecil. Sintaks umumnya: modifier tipe_return_value nama_method( parameter){ deklarasi variabel dan pernyataan } (Sjukani, 2011).
 

                                                                                                         IV.     HASIL RUNNING  DAN PEMBAHASAN


A.      Hasil Running dan Pembahasan Pengenalan Java
·         Listing Program
Listing program pada percobaan ini adalah sebagai berikut:

Gambar 1. Listing program pengenalan Java

·         Hasil Running

Hasil running pada percobaan ini adalah sebagai berikut:

Gambar 2. Hasil running program pengenalan Java

                B .Pembahasan
     Pada percobaan ini, kami membuat sebuah program sederhana dengan menggunakan kelas pada bahasa pemrograman Java. Untuk membuat program ini, hal pertama yang dilakukan yaitu membuat projek baru

    dengan yaitu dengan menjalankan perintah File>New>Java Project, kemudian memberi nama projek tersebut, dalam percobaan ini, projek yang kami gunakan yaitu diberi nama “coba1”. Kemudian setelah projek diberi nama klik next dan kemudian klik finish, setelah itu untuk membuat program keluaran teks sederhana terlebih dahulu membuat klas pada java projek yang telah dibuat, caranya yaitu dengan mengklik kanan folder java projek yang telah kita buat tadi keudian pilih New>Class dan akan muncul panel isian untuk member nama klas, setelah klas diberi nama kemudian klik finish. Pada panel windows eclipse nanti akan muncul editor untuk memasukkan sintaks-sitaks maupun kode-kode yang akan kita tuliskan. Untuk program diatas, digunakan sintaks System.out.println(“Teks”); yaitu sintaks yang berfungsi untuk menampilkan keluaran berupa tulisan. Pada percobaan ini, keluaran yang dihasilkan yaitu berupa teks “Selamat Belajar Java”. Untuk merunning program ini cukup mudah yaitu dengan mengklik simbol run pada menubar, maka akan dengan otomatis listing program yang kita buat akan dijalankan. Untuk menyimpan program yang telah dibuat cukup mudah, yaitu ketika kita mengklik tombol run pada menubar maka akan dengan otomatis program yang kita buat akan tersimpan.

B.       Hasil Running dan Pembahasan Penggunaan Tipe Data Short
·         Listing Program
Listing program pada percobaan ini adalah sebagai berikut:

Gambar 3. Listing program penggunaan tipe data Short
·         Hasil Running
Hasil running pada percobaan ini adalah sebagai berikut:
Gambar 4. Hasil running tipe data Short

·         Pembahasan
Pada percobaan ini kami membuat program untuk menampilkan keluaran berupa huruf dan angka. Untuk menampilkan huruf cara yang digunakan masih sama dengan percobaan yang sebelumnya yaitu dengan menggunakan perintah berupa System.out.println(“Teks”); dan untuk menampilkan keluaran berupa angka terlebih dahulu kita membuat variabel peubah untuk digunakan sebagai tanda pengenal dari nilai yang akan kita keluarkan, disertakan juga tipe dari bilangan yang akan kita keluarkan nanti. Pada percobaan ini, variabel yang digunakan yaitu diberi nama “nilai”dengan tipe angka Short. Tipe angka ini pada umumnya diaplikasikan pada komputer-komputer 16-bit, yang saat ini semakin jarang keberadaanya. Setelah angka yang akan kita keluarkan dideklarasikan kemudian memasukan variabel tersebut pada sintaks System.out.println(“Teks”); dengan ditambahkan tanda “+” dan varibael yang kita buat. Setelah program selesai dan tidak muncul pesan error, kemudian berlanjut ke tahap pengeksekusian. Untuk menjalankan program ini, cara yang digunakan masih sama dengan percobaan sebelumnya yaitu dengan mengklik simbol menu run pada menubar dan dihasilkan keluaran berupa teks dan angka seperti pada hasil running yaitu berupa berupa tulisan “Isi nilai variabel nilai adalah = 3256” pada tab windows running.

C.      Hasil Running dan Pembahasan Penggunaan Tipe Data Boolean
·         Listing Program
Listing program pada percobaan ini adalah sebagai berikut:
Gambar 5. Listing program penggunaan tipe data Boolean

·         Hasil Running
Hasil running pada percobaan ini adalah sebagai berikut:
Gambar 6. Hasil running tipe data Boolean dengan nilai variabel true
Gambar 7. Hasil running tipe data Boolean dengan nilai variabel false

·         Pembahasan
Pada percobaan ini kami membuat program pemilihan bersyarat dengan menggunakan sintak If dan Else. Untuk membuat program ini, cara masih sama dengan percobaan sebelumnya, yaitu dengan menambahkan klas pada projek yang telah dibuat. Setelah kelas dibuat dan telah diberinama kemudian menuliskan lisiting pada editor klas. Sebelum kita, membuat program terlebih dahulu mendeklarasikan variabel yang akan kita gunakan dan tipenya juga. Pada percobaan ini, tipe variabel yang digunakan yaitu tipe data Boolean. Tipe boolean adalah tipe data yang digunakan untuk menampung nilai logika, yaitu nilai yang hanya memiliki dua buah kemungkinan (benar atau salah). Tipe ini ditandai dengan kata kunci Boolean. Dalam bahasa Java, nilai benar dipresentasikan dengan kata kunci true dan nilai salah dengan kata kunci false. Pada percobaan ini, variabel yang digunakan yaitu “pria” dengan nilai true, pada listing ketika kita memberi nilai true pada variabel maka akan muncul keluaran pada window running yaitu berupa teks “pria”. Ketika kita memberikan nilai false pada variabel “pria” maka akan menghasilkan keluaran berupa teks ”perempuan”. Berikut ini jenis-jenis tipe data pada bahasa pemrograman java :



IV. KESIMPULAN


Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.        Pada percobaan menggunakan sintaks System.out.println(“Teks”); menghasilkan keluaran berupa teks pada Console.
2.        Pada percobaan menggunakan sintaks System.out.println(“Teks”+ variabel); menghasilkan keluaran berupa teks dan angka pada Console.
3.        Untuk membuat program pada java terlebih dahulu membuat Project dan Class yang dibuat secara berurutan.
4.        Pada percobaan ini, digunakan dua jenis tipe data yaitu tipe Short dan tipe Boolean.
5.        Terdapat empat jenis tipe data utama pada java yaitu tipe integer, floating, char dan tipe Boolean.
DAFTAR PUSTAKA



Satyaputra, Alfa. 2009. Java for Beginner with Eclipse 4.2 Juno. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Siswanto 2011. Algoritma dan Struktur Data Non Linear dengan Java. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sjukani, Moh. 2011. Algoritma dan Struktur Data 1 dengan C, C++, dan Java. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Supardi, Yuniar. 2010. Menjadi Programmer Java, Basic Programming. Jakarta : Gramedia.



 








1 komentar:

  1. Merkur Gold Strike Safety Razor - FEBCASINO
    Merkur's Gold Strike Safety Razor, Merkur Platinum https://febcasino.com/review/merit-casino/ Edge septcasino Plated Finish, German, 1xbet korean Gold-Plated, Satin Chrome Finish. Merkur septcasino.com has 출장안마 a more aggressive looking,

    BalasHapus

 
Top